Kamis, 16 Februari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 15022012

TIDUR  DALAM  AMPUNAN  ALLAH
 
Barang siapa yang tidur semalam suntuk karena lelah setelah mencari rezeki yang halal, maka semalam suntuk ia dalam keadaan mendapat ampunan (dari Allah atas dosa dosanya).
(Riwayat Ibnu Asakir)
 
Syarah/Penjelasan :
            Hadis ini sama dengan hadis yang menyatakan bahwa barangsiapa bersore hari dalam keadaan lelah dalam bekerja keras, maka ia bersore hari dalam keadaan memperoleh ampunan. Hanya dalam hadis ini disebutkan tidur dalam keadaan lelah setelah bekerja karena mencari rezeki yang halal. Kesimpulan dari makna keduanya ialah, bahwa barangsiapa mengalami kelelahan karena bekerja keras mencari rezeki yang halal maka dosa-dosanya diampuni. Hadis ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya kita mencari rezeki dengan jalan halal, sampai-sampai Allah akan mengampuni kita dari dosa-dosa kita ketika kita tertidur karena kelelahan.
Karena itu janganlah kita mencari rezeki dengan jalan yang haram, sebab Allah akan melaknat, walaupun kita juga kelelahan sehabis bekerja dengan jalam haram. Harta yang didapat melalui jalan yang halal walau sedikit akan melahirkan keberkahan untuk kita, sebaliknya harta banyak yang dihasilkan dari jalan haram hanya akan me-ngandung murka Allah.
 
INDEKS Hadits & Syarah®
 

Tidak ada komentar: