Selasa, 22 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 11052012

PERUMPAMAAN ORANG YANG MEMBACA AL-QUR'AN
DENGAN YANG TIDAK MEMBACA
 
Perumpamaan orang mukmin yang membaca al-Qur'an seperti buah Utrujah; baunya harum dan rasanyapun enak. Dan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca al-Qur'an seperti buah kurma yang tidak berbau tetapi rasanya manis (enak). Dan perumpamaan orang munafik yang membaca al-Qur'an seperti minyak wangi; baunya harum tetapi rasanya pahit. Sedangkan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca al-Qur'an seperti buah hanzhalah (buah yang pahit), tidak mempunyai bau dan rasanyapun pahit.
(Riwayat  Bukhari dan Muslim melalui Abu Musa r.a)
 
Syarah/Penjelasan :         
            Hadits ini menggambarkan perumpamaan bagi keempat macam orang yaitu orang mukmin yang membaca Al-qur'an, orang mukmin yang tidak membaca Al-qur'an, orang munafik yang membaca Al-qur'an, dan orang munafik yang tidak membaca Al-qur'an.
 
TERANGI RUMAH DENGAN SHALAT SUNNAH
DAN BACAAN AL-QUR'AN
 
Terangi rumah-rumah kalian dengan shalat dan bacaan al-Qur'an.
(Riwayat Baihaqi melalui Anas r.a)
 
Syarah/Penjelasan :         
            Rumah yang di dalamnya tidak pernah dibacakan Al-qur'an dan shalat sunnah sama dengan kuburan, yakni gelap gulita tanpa cahaya hidayah. Bacalah Al-qur'an, didalamnya ada perintah melakukan kebaikan. Bahkan kepada yang hafal Al-qur'an pun diperintahkan. Bacalah! Kuatlah bacaanmu, ulang-ulanglah. Sebab posisimu berada diakhir ayat yang engkau baca.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: