Jumat, 06 April 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 05042012

ORANG  YANG  BENAR-BENAR  KUAT
 
Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang orang yang paling kuat diantara kalian?. Yaitu, orang yang paling kuat menahan dirinya di kala sedang marah.
(Riwayat Thabrani melalui Anas ra)
 
Syarah/Penjelasan :
            Orang yang paling kuat diantara kalian bukanlah orang yang mampu menjatuhkan orang dengan cepat, melainkan orang yang dapat menahan dirinya dikala sedang marah. Kalau orang yang kuat secara pisik sangat banyak kita jumpai, tapi ternyata Nabi Muhammad SAW menganggap orang yang kuat adalah orang yang dapat menahan dirinya ketika dia sedang marah. Kalau diibaratkan marah itu, ia adalah seperti api yang dalam waktu yang singkat akan dapat menghabiskan rumah dan isinya.
 
            Orang bijak menggambarkan tentang marah. Kemarahan itu adalah akar penyakit jiwa, sumber penyakit syaraf, dan mematikan akal sehat. Ujungnya adalah penyesalan. Oleh sebab itu Rasulullah SAW, mengatakan orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan marahnya. Cara menahan marah menurut Rasulullah dan ditambahkan oleh para ulama, jika engkau marah sedang berdiri maka duduklah, jika engkau sedang duduk maka berbaringlah, jika berbaring ternyata masih marah maka ambillah air wudhu', sambil memohon diri kepada Allah, Ya Allah kalau air ini bisa mendingin mukaku, maka dinginkan jugalah hatiku yang sedang panas ini, Engkau yang mampu membolak balikkan hati manusia. Dan engkau  juga boleh shalat dua raka'at. Insya Allah.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: