Rabu, 29 Februari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 28022012

JENIS KETERAMPILAN YANG HARUS
DIAJARKAN KEPADA ANAK
 
Ajarilah anak-anak kalian berenang dan memanah; sebaik-baik permainan wanita mukmin dirumahnya adalah menenun. Dan apabila kedua orang tuamu memanggil-mu secara bersamaan maka penuhilah panggilan ibumu.
(Riwayat ad-Dailami)
 
Syarah/Penjelasan :
            Berenang dan menembak atau memanah merupakan olah raga bagi anak-anak lelaki yang tujuannya di samping untuk membina tubuh mereka, juga agar kelak bila dewasa dan dibutuhkan untuk berjuang di jalan Allah, mereka dapat memenuhi tugasnya. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua harus membekali anaknya untuk membekali diri dan agamanya, karena membela diri, keluarga dan agamanya adalah tugas kaum laki-laki. Kalau anak laki-laki tidak memiliki kemampu-an bela diri lalu siapa nanti yang akan berperang dijalan Allah. Sedangkan untuk anak perempuan, permainan yang paling baik untuknya di dalam rumahnya ialah menenun, ini menunjukkan anak perempuan dipersiapkan untuk mengurus rumah dan keluarganya. Karena tugas itu adalah kodrat seorang wanita.
            Selanjutnya pada hadits diatas di jelaskan apabila kedua orang tuamu secara bersamaan memanggilmu, maka penuhilah panggilan ibumu sebagai prioritas, seperti apa yang telah dianjurkan oleh Nabi SAW. Ini menunjukkan bahwa Islam sangat menghormati wanita terutama Ibu sendiri. Bahkan Rasulullah memanggil anaknya Fatimah dengan panggilan Ummu Ubiha artinya ibu dari ayahmu, ini merupakan suatu kehormatan untuk Fatimah disamping dia seorang anak, dia juga bisa mendapat penghormatan sebagai ibu.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: