Jumat, 06 April 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 05042012

Talbiyah
 
661.    Bersumber dari Abdullah bin Umar ra, bahwa Rasulullah SAW., apabila sudah duduk diatas punggung kendaraannya yang sudah siap untuk bertolak dari masjid Dzil Hulaifah, beliau setelah mengenakan busana ihram, mengucapkan kalimat talbiyah sebagai berikut, "LABBAIKAL LAAHUMMA LABBAIK, LABBAIKA LAA SYARIIKA LAKA LABBAIK, INNAL HAMDA  WAN NI'MATA LAKA WAL MULK, LAA SYARIIKA LAK (Aku penuhi panggilan-Mu[1], ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, segala nikmat dan seluruh kerajaan adalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu)". Mereka (para sahabat) berkata, "Adalah Abdullah bin Umar biasa membaca talbiyah seperti yang dibaca Rasulullah SAW ini". Nafi' berkata, "Adalah Abdullah bin Umar memberikan tambahan pada talbiyah ini, yaitu, "LABBAIKA LABBAIKA LABBAIK WA SA'DAIKA WALKHAIRU BIYADAIK, LABBAIKA WAR RAGHBAA-U ILAIKA WAL'AMAL  (Aku penuhi panggilan-Mu, aku penuhi panggilan-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Aku merasa bahagia memenuhi panggilan-Mu. Segala kebajikan, segala kasih sayang, dan segala amal adalah milik-Mu)".
            (Muslim IV : 7)
           
            [1].           Demikianlah aslinya : labbaika...., dalam Shahih Muslim diriwayatkan marratan
                                atau dua kali.
 
                Ringkasan Shahih Muslim®
 

Tidak ada komentar: