Kamis, 19 April 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 15042012

ORANG YANG DIHINDARKAN DARI AZAB DUNIA
 
Sesungguhnya Allah SWT., apabila menurunkan azab dari langit kepada penduduk bumi maka azab tersebut dihindarkan dari orang-orang yang meramaikan masjid-masjid.
(Riwayat  Asakir melalui Anas r.a )
 
Syarah/Penjelasan :         
            Tiada suatu azab pun yang diturunkan oleh Allah SWT kepada suatu penduduk bumi, melainkan azab tersebut tidak akan mengenai orang-orang yang menghidupkan masjid-masjid. Yang dimaksud dengan mereka yang meramaikan dan menghidupkan masjid-masjid ialah orang-orang yang selalu mengerjakan ibadah didalam masjid sehingga masjid nampak ramai dan hidup, tidak sepi.
Zaman sekarang orang-orang muslim seakan berlomba-lomba untuk membangun dan memperindah masjid, tapi coba kita lihat penghuni-penghuni masjid ketika shalat, kebanyakan orang yang shalat di masjid jumlahnya hanya bisa memenuhi dua atau tiga shaf saja apalagi ketika shalat shubuh ada beberapa masjid yang di isi oleh orang yang shalat dengan hitungan jari tangan. Sungguh ironis bukan, begitu banyak masjid yang luas dan indah tapi penghuninya sangat sedikit. Padahal Allah menjanjikan akan menghindarkan orang-orang yang meramaikan masjid dari azab-Nya. Hanya orang Islamlah yang berhak untuk memakmurkan, sedangkan orang kafir haram hukumnya memasuki apalagi memakmurkan masjid.
 
"Tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan masjid-masjid Allah, sedangkan mereka mengakui bahwa mereka sendiri kafir. Itulah orang-orang  yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka kekal di dalam neraka"
            (QS. At-Taubah [9] : 17)
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: