Jumat, 04 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 30042012

KEUTAMAAN MEMBACA  SURAT AL FAATIHAH,
AL IKHLASH, AL FALAQ DAN AN NAAS
 
Barang siapa di hari Jum'at manakla Imam telah salam yaitu sebelum ia melipatkan kakinya membaca Fatihatul Kitab (surat Al-Faatihah), surat al-Ikhlash, surat al-Falaq, dan surat an-Naas sebanyak tujuh kali, tujuh kali, maka dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang diampuni.
(Riwayat  Abu As'ad al-Qusyairi melalui Anas r.a)
 
Syarah/Penjelasan :         
            Barang siapa yang ingin agar dosa-dosanya yang terdahulu dan yang akan datang diampuni, hendaklah ia membaca al-Faatihah, surat al-Ikhlash dan surat al-Mu'awwidzatain-surat al-Falaq dan an-Naas sesudah salam dari shalat Jum'at dan sebelum duduk bersila yakni masih dalam keadaan duduk iftirasy. Hendaklah membacanya masing-masing tujuh kali seperti yang terdapat dalam hadits diatas. Kenapa tujuh ?. Ada alasan yang hanya Nabi dan Allah SWT yang mengetahui, yang jelas diantara bilangan-bilangan ada rahasia yang kita tidak tahu. Sungguh besar hikmah membaca ketiga surat tersebut, sebagimana yang kita tahu manusia itu tidak pernah luput dari salah dan dosa, maka tidak ada satupun diantara kita yang tidak ingin diampuni dosa-dosanya, dengan diampuninya dosa-dosa kita maka kita akan terhindar dari siksa kubur dan siksa akhirat.
            Banyak diantara kita sesudah melakukan shalat tidak berdzikir, kita langsung beranjak meninggalkan tempat kita shalat, padahal ba'da shalat adalah waktu yang sangat baik untuk berdzikir, selain itu waktu ba'da shalat juga adalah salah satu waktu yang utama untuk dikabulkannya do'a-do'a kita, untuk itu berdzikir dan berdo'alah setelah shalat apalagi setelah shalat Jum'at.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: