Rabu, 09 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 04052012

Talbiyah Jamaah Haji hingga Melempar
Jamrah Aqabah
 
721.    Bersumber dari Ibnu Abbas ra mengatakan bahwa Nabi SAW membonceng Fadhl ra mendahului para Jamaah. Kata dia ('Atha'), "Aku di beritahu oleh Ibnu Abbas bahwa Fadhl memberitahu dia bahwa Nabi SAW senantiasa mengucapkan talbiyah hingga beliau melempar jamrah Aqabah"
            (Muslim 4 : 71)
 
Melempar Jamrah Aqabah dari Tengah Lembah, dan
Bertakbir pada Setiap Kali Lemparan Kerikil
 
722.    Bersumber dari Al-A'masy berkata, "Aku mendengar al-Hajjaj bin Yusuf  berkata ketika dia sedang berpidato/berkhotbah diatas mimbar, 'Biasakanlah membaca al-Qur'an sebagaimana yang di biasakan oleh Jibril'. Surah yang disebut al-Hajjaj adalah al-Baqarah, an-Nisaa', dan Ali-Imran. Kemudian aku temui Ibrahim, lalu aku sampaikan ucapan al-Hajjaj bin Yusuf kepadanya, maka Ibrahim mencela al-Hajjaj bin Yusuf. Kata Ibrahim, 'Aku diberitahu oleh Abdurrahman bin Yazid bahwa dia menyertai Abdullah bin Mas'ud, lalu dia menuju ke Jamrah Aqabah. Dia menuju ke tengah lembah hingga tampak jelas baginya jamrah  Aqabah. Dia kemudian melemparnya dari tengah lembah dengan tujuh buah kerikil sambil bertakbir pada setiap kali lemparan kerikil tersebut. Aku tanyakan, 'Hai ayah Abdurrahman, orang-orang melempar jamrah Aqabah dari atas'. Dia menjawab, 'Demi Allah yang tiada Tuhan selain Dia!. Disinilah posisi Nabi yang surah al-Baqarah diturunkan kepadanya' ".
(Muslim 4 : 78-79)
 
723.    Bersumber dari Abdurrahman bin Yazid mengatakan bahwa Abdullah bertalbiyah ketika dia berangkat dari para jamaah, lalu dia ditanya, "Apakah ini orang Arab Badui?". Abdullah menjawab, "Apakah orang-orang sudah lupa ataukah mereka telah sesat?". Aku mendengar orang yang surat al-Baqarah diturunkan padanya (Rasulullah) mengucapkan di tempat ini, 'LABBAIK  ALLAAHUMMA  LABBAIK (Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah)'.
(Muslim 4 : 72)
 
            Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: