Jumat, 11 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 05052012

Melempar Jamrah Aqabah dari atas Kendaraan
pada Hari Sembelihan
 
724.    Bersumber dari Jabir ra mengatakan bahwa ia melihat Nabi SAW melempar jamrah dari atas kendaraan beliau pada hari sembelihan. Beliau bersabda, "Lakukanlah ibadah (haji) kalian! Karena aku tidak tahu, barangkali aku tidak berhaji lagi sesudah haji ini".
            (Muslim 4 : 79)
 
Ukuran Kerikil Jamrah
 
725.    Bersumber dari Jabir bin Abdullah ra mengatakan bahwa ia melihat Nabi SAW melempar jamrah dengan kerikil seukuran kerikil katapel.
(Muslim 4 : 80)
 
Waktu Pelemparan Jamrah
 
726.    Bersumber dari Jabir bin Abdullah ra mengatakan bahwa Rasulullah SAW melempar jamrah di hari sembelihan pada waktu Dhuha (setelah matahari meninggi sedikit hingga masuk waktu Zhuhur). Adapun setelah itu, maka waktu pelemparannya setelah matahari condong kebarat.
(Muslim 4 : 80)
 
Melempar Jamrah Dengan Hitungan Ganjil
 
727.    Bersumber dari Jabir ra mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Melempar jamrah itu hitungannya ganjil, sa'i antara Shafa dan Marwah hitungannya juga ganjil, dan thawaf pun bilangannya ganjil. Apabila salah seorang dari kamu melempar jamrah, maka lakukanlah dengan hitungan ganjil"(1).
 
 
(1)   Maksudnya adalah al-Istijmar telah disebutkan pada awal dan akhir haditsini bukanlah berarti pengulangan sebagaimana yang telah dijelaskan oleh para ulama. Akan tetapi, maksud dari hadits pertama adalah perintahuntuk melempar jumrah sedangkan yang kedua adalah jumlah batu untuk melontar, jumlah batu yang dilontar adalah tujuh butir-tujuh butir batu, thawaf sebanyak tujuh kali, sa'i sebanyak tujuh kali, istinja sebanyak tiga kali, akan tetapi bila tiga kali itu tidak dapat membersihkan maka harus ditambah. Hadits ini adalah riwayat Abu Zubair dari Jabir dan ia telah meriwayatkan dengan 'an'anah (menggunakan kata 'an).
 
            Ringkasan Shahih Muslim®
 

Tidak ada komentar: