Senin, 11 Juni 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 24052012

Macam-macam Hijrah
 
A.   Hijrah dari Sebuah Tempat ke Tempat yang Lain
 
( lanjutan.........................
            Sungguh mengherankan, mereka pergi kenegara kafir, padahal dinegara itu tidak terdengar kumandang adzan  dan suara orang yang berdzikir. Yang terdengar hanyalah suara terompet orang-orang Yahudi atau lonceng orang-orang Nasrani. Kemudian menetap dinegara itu selama beberapa waktu, bersama dengan keluarga, istri, dan anak anak mereka. Sehingga terjadilah hal-hal yang dapat membahayakan terhadap agama dan moral mereka. Semoga kita diselamatkan dari musibah seperti itu.
            Hal itu merupakan cobaan , yang sebab itu Allah akan menurunkan bencana kepada kita. Karena, setiap bencana yang meninpa kita, seperti yang kita sedang alami saat ini, disbebabkan oleh perbuatan-perbuatan dosa dan maksiat.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,
"Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)".
(QS. Asy-Syuura : 30)
Kita lalai dinegara kita sendiri. Seakan-akan  Allah membiarkan kita. Seolah-olah Allah tidak mengetahui apa yang kita lakukan. Seolah-olah Dia tidak menghukum orang yang berbuat zalim, sehingga saat dia berbuat Allah tidak mempedulikannya.
Manusia bisa menyaksikan langsung bencana-bencanayang diturunkan oleh Allah kedunia ini, akan tetapi hati mereka mengeas. Kami berlindung kepada Allah dari sikap yang demikian.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,
"Dan sesungguhnya Kami telah pernah menimpakan azab kepada mereka, maka mereka tidak tunduk kepada Tuhan mereka, dan (juga) tidak memohon (kepada-Nya) dengan merendahkan diri".
(QS. Al-Mu'minuun : 76)
Mereka tertimpa azab, meskipun demikian mereka tidak tunduk kepada Allah, dan tidak meohon kepada-Nya dengan merendahkan diri. Bahkan hati mereka menjadi keras dan mati sehingga peristiwa-peristiwa tersebut berlalu begitu saja di hati mereka.
( berlanjut..........................
Syarah Riyadhus Shalihin®

Tidak ada komentar: