Rabu, 02 Januari 2013

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 24122012

Mengerjakan Shalat Sunnah di Atas
Kendaraan Dalam Safar
 
442.    Bersumber dari Ibnu Umar ra, ia berkata, 'Adalah Rasulullah SAW pernah mengerjakan shalat sunnah di atas binatang kendaraannya, beliau menghadap sesuai dengan arah binatang kendaraannya, dan beliau tidak mengerjakan shalat witir di atasnya'.
            (Muslim II : 150)
 
Anjuran Mengerjakan Shalat Dua Raka'at Bagi
Orang yang Baru Datang Dari Safar
 
443.    Bersumber dari Jabir bin Abdullah ra, ia berkata, "Kami pernah keluar bersama Rasulullah SAW dalam suatu peperangan. Lalu onta yang membawaku berjalan begitu lambat dan penat. Kemudian Rasulullah SAW datang sebelumku, dan esok harinya aku datang. Aku langsung menuju masjid. Aku dapati Rasulullah SAW sudah berada di pintu masjid itu. Kemudian beliau bertanya, "Sekarang, kamu baru sampai, ya?".  Aku jawab, 'Ya'. Lalu beliau bersabda, "Tinggalkan ontamu itu, dan masuklah (ke dalam masjid) lalu shalatlah!". Akupun masuk, dan setelah mengerjakan shalat sunnah dua raka'at, kemudian aku pulang'.
(Muslim II : 156)
 
Ringkasan Shahih Muslim®                      
 

Tidak ada komentar: