Jumat, 15 Juli 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 14-15072011

14072011                           SEGERA  BERBUKA
 
593.    Bersumber dan Sahal bin Sa'ad ra, bahwa Rasulullah SAW bersbada, "Orang-orang (mukmin) senantiasa dalam kebaikan selagi mereka segera berbuka".
                                                                                                                        (Muslim III:131)
594.    Bersumber  dari Abi 'Athiyyah, dia berkata 'Saya dan Masruq pernah menemui Aisayah ra. Kemudian Masruq bertanya kepada Aisyah, 'Ada dua orang sahabat  Muhammad SAW tidak pernah lengah dari kebaikan : pertama selalu segera melasaknakan shalat maghrib dan berbuka; dan yang kedua selalu menangguhkan shalat  Maghrib dan menangguhkan buka puasa. Kemudian Aisyah ra bertanya, "Siapakah yang selalu menyegerakan shalat maghrib dan berbuka ?". Kami jawab, 'Abdullah'. Kemudian  Aisyah berkata, "Demikian, itulah yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW".
                                                                                                                        (Muslim III:131-132)
 
15072011            LARANGAN  MENGERJAKAN  PUASA  WISHAL
 
595.    Bersumber dari Abu Hurairah ra, ia menyatakan, 'Rasulullah telah mencegah (kita) dari mengerjakan puasa wishal (sambung). Kemudian ada seorang sahabat bertanya, 'Ya Rasulullah, bukankah engkau sendiri mengejakan puasa wishal ?'. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Siapakah diantara kalian yang sama denganku ?. Sesungguhnya dimalam hari aku diberi makan dan minum oleh Rabb-ku !". Ketika mereka tetap bersikeras ingin mengerjakan puasa wishal, Rasulullah SAW sengaja membiarkan mereka berpuasa wishal sehari sampai dua hari. Namun pada hari ketiga, mereka melihat tanggal. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Andaikata tanggal itu tertunda kedatangannya, niscaya akan kutambah (lagi) supaya kalian berpuasa wishal". Beliau seakan-akan memberi peringatan kepada mereka, lantaran enggan berhenti dari puasa wishal'.
                                                                                                                        (Muslim III:133)
 

Tidak ada komentar: