Rabu, 16 November 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 15112011


PERKARA  YANG  AMAT  SULIT  DICARI
PADA  AKHIR  ZAMAN
 
Kelak akan datang suatu zaman atas kalian yang pada zaman tersebut tiada sesuatu pun yang lebih sulit dari tiga perkara berikut, yaitu : uang Dirham yang halal, atau saudara yang setia atau sunnah yang di amalkan.  (Riwayat Thabrani  melalui Hudzaifah)
 
Syarah/Penjelasan :
            Kelak akan datang suatu zaman dimana tiada sesuatu pun yang lebih berharga bagi seseorang selain dari tiga hal. Pertama uang yang halal, maksudnya pada zaman itu sulit sekali mencari penghasilan yang halal. Kedua, saudara atau teman yang baik hati dan setia kepadamu, hingga kamu sendiri merindukannya. Ketiga, sunnah yang diamalkan, karena pada masa itu jarang sekali orang yang mengamalkannya.
            Hal tersebut diatas merupakan tanda-tanda lain dari akhir zaman. Bisa anda bayangkan kalau pada masa itu orang sudah sulit mendapatkan uang yang halal sehingga mereka mencari uang dengan jalan-jalan yang salah atau dengan jalan yang tidak halal seperti mencuri atau merampok, menipu dll. Belum lagi susahnya mencari saudara yang setia, padahal seharusnya saudara adalah orang yang paling setia kepada kita, mayoritas saudara-saudara kita mengkhianati kita, setiap amanah yang diberikan oleh kita maka mereka mengkhianati amanah kita. Ditambah lagi dengan susahnya mencari orang yang mengamalkan sunnah Nabi. Ini menandakan pada masa ini sudah jarang orang yang beriman dan beramal shaleh. Alangkah rusaknya masa ini.
           
 
 
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: