Kamis, 17 November 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 16112011


YANG  SULIT  DICARI PADA  AKHIR  ZAMAN
 
Hal yang paling sedikit dijumpai pada akhir zaman ialah Dirham yang halal, atau saudara yang  dapat dipercaya.   (Riwayat Ibnu Asakir melalui Ibnu Umar r.a)
 
Syarah/Penjelasan :
            Sekarang tanda-tanda itu sudah tampak. Sehingga ada suatu ungkapan "jangankan yang halal yang haram saja susah sekarang ini". Kedua adalah saudara "dalam soal harta tidak berlaku kata saudara". Bilamana harta yang halal dan teman yang dapat dipercaya sulit dicari, maka hal tersebut merupakan pertanda bahwa zaman akan berakhir. Atau dengan kata lain, sebagai alamat kiamat telah dekat.
            Mudah-mudahan kesimpulan tersebut salah. Memang betul sekarang sudah nampak tanda-tanda seperti yang diungkapkan dalam hadits diatas. Tapi rasanya saat ini masih banyak orang mencari rizky dengan jalan yang halal, masih banyak saudara yang setia dan berani berkorban dalam hal kebaikan kepada kita, juga masih banyak orang yang menjalankan Sunnah Nabi, mudah-mudahan anda salah satunya, amin. Selama masih banyak orang-orang seperti itu rasanya akhir zaman bukanlah masa sekarang. Mungkin masa sekarang baru dekat dengan masa akhir zaman, bukan sudah masuk akhir zaman.
           
 
 
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: