Rabu, 23 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Isya' 12052012

PUASA  SUNNAH
 
(........................ lanjutan )
Hukum Membatalkan Puasa Sunnah
 
Dari Ummu Hani' ra., dia berkata, Rasulullah SAW menemui Ummu Hani' pada hari penaklukan kota Mekah. Lalu dihidangkan minuman dan beliaupun meminumnya. Setelah itu, beliau menyodorkan minuman kepadaku. Aku berkata, aku sedang berpuasa. Rasulullah lantas bersabda,
"Sesungguhnya orang yang sedang berpuasa sunnah pemimpin bagi dirinya sendiri, jika engkau berkehendak, maka puasalah. Dan jika engkau berkehendak, maka engkau juga boleh tidak berpuasa (membatalkannya)".
HR. Ahmad, Daruquthni, dan Baihaki
Hakim meriwayatkan dan menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih.
"Orang yang berpuasa sunnah pemimpin bagi dirinya. Jika menghendaki, dia boleh berpuasa, dan jika menghendaki, dia boleh tidak berpuasa"
HR. Hakim
Dari Abu Juhaifah, dia berkata, Rasulullah telah mempersaudarakan Salman dan Abu Darda'. Pada suatu ketika, Salman mengunjungi Abu Darda'. Begitu didapati ibu Abu Darda' mengenakan pakaian lusuh, Salman pun bertanya, apa yang sedang engkau alami ?. Ibu Abu Darda' menjawab, saudaramu, Abu Darda' tidak menginginkan kepentingan duniawi lagi. Kemudian Abu Darda' datang dan menyajikan makanan kepada Salman. Abu Darda' berkata, makanlah. Aku sekarang sedang puasa. Salman berkata, aku tidak ingin makan sebelum engkau makan. Akhirnya, Abu Darda' pun makan. Pada waktu malam hari, Abu Darda' bangun untuk menunaikan ibadah. Salman yang memperhatikannya berkata, tidurlah. Abu Darda' pun tidur. Begitu hendak bangun lagi, Salman menegurnya, tidurlah. Tatkala lewat tengah malam, Salman berkata, bangunlah sekarang. Keduanya sama-sama menunaikan shalat sunnah tengah malam. Setelah itu, Salman berkata kepada Abu Darda', sesungguhnya Tuhanmu mempunyai hak yang harus engkau penuhi. Engkau sendiri mempunyai hak yang harus engkau penuhi. Begitu pula keluargamu, mereka mempunyai hak yang harus engkau penuhi. Maka, berikanlah setiap hak kepada yang berhak menerimanya. Abu Darda' lalu menjumpai Rasulullah dan menyampaikan kejadian itu kepada beliau. Mendengar itu, Rasulullah bersabda, "Salman benar". HR. Bukhari dan Tirmidzi.
Dari Abu Said al-Khudri ra., dia berkata, aku membuat makanan untuk Rasulullah SAW. Beliaupun datang kepadaku bersama para sahabat. Tatkala makanan dihidangkan, salah seorang sahabat berkata, aku sekarang berpuasa. Mendengar itu, Rasulullah SAW bersabda, "Saudaramu telah mengundangmu makan dan bersusah payah untuk menyiapkan hidangan untuk kalian". Kemudian beliau bersabda, "Berbukalah!. Dan puasalah untuk menggantikannya jika engkau mau". HR. Baihaki dengan sanad hasan, sebagaimana yang dikatakan Ibnu Hajar.
Mayoritas ulama membolehkan berbuka bagi orang yang berpuasa sunnah dan menyatakan sunnah hukumnya untuk mengqadha' hari yang ditinggalkannya. Hal ini sebagaimana yang telah diterangkan dalam beberapa hadits shahih sebelumnya.
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: