Rabu, 23 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 12052012

TIGA KALIMAT, BILA DIUCAPKAN
NISCAYA MASUK SURGA
 
Ada tiga kalimat, barangsiapa telah mengucapkan ketiganya, niscaya dia masuk surga yaitu seseorang yang mengatakan, "Aku rela Allah sebagai Rabbku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai utusan Allah". Yang ke empat adalah memiliki keutamaan seperti antara langit dan bumi yaitu berjihad di jalan Allah.
(Riwayat  Ahmad)
 
Syarah/Penjelasan :         
            Dan yang ke empat ialah yang memiliki keutamaan jauh lebih besar daripada orang sebelumnya, bila diumpamakan perbedaannya sama dengan perbedaan antara langit dan bumi. Orang tersebut disamping mengamalkan ke tiga hal tersebut di atas, ia pun menambahinya dengan berjihad di jalan Allah SWT. Allah SWT telah berfirman :
Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak turut berjihad) yang tidak mempunyai uzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta mereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta benda mereka dan jiwanya atas orang-orang yang duduk dengan satu derajat. Kepada masing-masing dari kedua golongan itu Allah menjanjikan pahala yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang-orang yang duduk dengan pahala yang besar, (yaitu) beberapa derajat daripada-Nya, ampunan serta rahmat. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
(QS. An-Nisa [4] : 95-96).
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: