Jumat, 01 Juni 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 18052012

Berapa Kali Nabi SAW Berhaji?
 
758.    Bersumber dari Abu Ishaq (yakni Amr bin Abdullah as-Sabii'i) mengatakan bahwa ia bertanya kepada Zaid bin Arqam, "Berapa kali kamu berperang menyertai Rasulullah SAW?". Dia menjawab, "Tujuh belas kali". Kemudian Zaid bin Arqam ra bercerita bahwa Rasulullah SAW berperang sembilan belas kali dan beliau berhaji sekali setelah hijrah, yaitu haji wada'. Haji yang lain ketika beliau berada di Mekkah.
            (Muslim 4/60)
 
Berapa Kali Nabi SAW Berumrah?
 
759.    Bersumber dari Anas ra mengatakan bahwa Rasulullah SAW empat kali yang semuanya di bulan Dzulqa'dah, kecuali umrah yang menyertai haji beliau. Pertama, umrah pada masa Hudaibiyah di dalam bulan Dzulqa'dah. Kedua, umrah pada tahun berikutnya juga di dalam bulan Dzulqa'dah. Ketiga, umrah dari Ji'ranah ketika beliau membagikan harta rampasan perang Hunain juga dalam buln Dzulqa'dah. Keempat, umrah yang meyertai haji beliau (tidak di bulan Dzulqa'dah).
(Muslim 4/60)
 
Memotong Rambut ketika Umrah
 
760.    Bersumber dari Ibnu Abbas ra mengatakan bahwa Mu'awiyah bin Abu Sufyan ra memberitahunya, "Aku memotong rambut Rasulullah SAW dengan gunting ketika beliau di Marwah (atau, aku melihat beliau dipotong rambutnya dengan gunting ketika beliau berada di Marwah)(1)"
            (Muslim 4/58-59)
 
(1)    Lafazh ini ada pada Muslim dalam riwayat yang lain sebelum ini. Lalu aku menempatkannya
pada dalam kurung.
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: