Rabu, 29 Juni 2011

Basmallah

Bismillaahirrachmaanirrakhiim.
Awali sesuatu apapun hanya karena Allah. Dengan menyebut namaNya yang Rachman dan Rakhim, semoga senantiasa meluruskan niat atas apa yang dilakukan hanya karenaNya.
Hal ini sangat penting, karena sesuatu bernilai ibadah atau tidak, sangat bergantung pada niat si pelaku.
Niat bersemayam dalam hati, dan tidak menjadi keharusan untuk diucapkan. Namun niat akan mewarnai apa yang dilakukannya itu apakah karena fungsi sebagai hamba atau khalifah fil ardi, atau karena sesuatu keduniaan yang ingin diperolehnya.
Maksud keduniaan disini seperti ingin mendapatkan pujian atau pengakuan dari manusia lain (riya'), ingin mendapatkan harta, ingin mendapatkan pengakuan dari atasan atau pimpinan dsb.
Jika itu yang mendasari niat kita, maka hanya sebatas itulah hasil dari aktifitas yang kita lakukan tanpa menyisakan nilai ibadah secuilpun.
Berbeda halnya ketika sesuatu dilakukan didasari atas kesadaran ingin mengabdikan dirinya kepada Allah. Maka apapun yang dilakukan dilandasi ingin memberikan manfaat kepada ciptaan Allah baik manuasia maupun alam beserta isinya.
Mari luruskan niat setiap aktifitas kita hanya karena Allah semata sebagai wujud kesadaran diri menjalankan fungsi khalifatul fil ardi (pengelola bumi dan jadgad raya ini).
Semoga Allah membimbing setiap langkah dan tarikan nafas kita. Amin. (Mimbar MMAT)

Tidak ada komentar: