Selasa, 11 Oktober 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 09102011


24.      Dari Abu Anas ra, sesungguhnya seorang pemuda dari suku Aslam bertanya : "Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku ingin jihad di jalan Allah, tapi aku tidak mempunyai sesuatu yang bisa aku persiapkan untuk jihad". Beliau bersabda : "Pergilah ke Fulan, karena sesungguhnya ia telah siap-siap, tapi sekarang sakit !". Maka pemuda itu mendatanginya dan berkata : "Sesungguhnya Rasulullah SAW, titip salam kepadamu, dan berpesan agar kau berikan kepadaku persiapanmu". Maka orang itu berkata (kepada istriya) : "Wahai Fulanah, berikanlah kepada pemuda ini apa yang telah aku persiapkan, dan jangan sekali-kali kamu menahannya barang sedikitpun karena demi Allah, sekali-kali kamu tidak menahan sedikitpun daripadanya, lalu Allah mem-berkahi untukmu padanya"
(HR. Muslim)
 
25.      Dari Abu Sa'id al-Khudriy ra, sesungguhnya Rasulullah SAW mengirim pasukan kepada bani Lahyan, maka beliau bersabda : "Hendaknya keluar dari tiap dua orang salah satunya, dan pahala dibagi antara keduanya"
            (HR. Muslim)
            Dan dalam riwayat : "Hendaknya dari tiap dua orang keluar satu orang". Kemudian berkata kepada pimpinan pasukan : "Barangsiapa diantara kalian tertinggal untuk menjaga keluarga dan hartanya dengan baik, maka baginya setengah pahala orang yang keluar berjihad".
 
26.      Dari al-Bara ra, dia berkata : Seorang dengan helm besi mendatangi Rasulullah SAW dan berkata : "Wahai Rasul, aku berperang atau masuk Islam saja ?". Beliau menjawab : "Masuk Islam dulu, kemudian berjihadlah !". Maka orang itupun masuk Islam kemudian berperang dan terbunuh. Maka Rasulullah SAW bersabda : "Beramal sedikit, tapi diberi pahala banyak".
            (HR. Bukhari dan Muslim)
27.      Dari  Anas ra, sesungguhnya Nabi SAW bersabda : "Tidak seorangpun yang masuk Surga, lalu ingin kembali ke dunia padahal ia tidak memiliki apapun diatas dunia, melainkan seorang syahid (yang mati dalam jihad), ia berharap bisa kembali ke dunia, kemudian terbunuh (dalam medan jihad) sepuluh kali, hal itu karena ia melihat sebagian kemuliaan ".
            Dan dalam riwayat : "Karena melihat keutamaan mati syahid".
            (HR. Bukhari dan Muslim)
28.                   Dari Abdullah Ibnu Amr Ibnu al-Ash ra, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : "Allah akan mengampuni untuk seorang syahid segala sesuatu kecuali hutang".
            (HR. Muslim)
            Dan dalam riwayat : "Mati di Jalan Allah dapat menghapus segala sesuatu kecuali hutang".
 
           
.
 
 
 
Riyadhus Shalihin®

Tidak ada komentar: