Minggu, 18 Maret 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 16032012

KEMUJARABAN DOA ORANG YANG TERANIAYA
 
Takutlah engkau terhadap doa orang yang teraniaya karena sesungguhnya antara doa orang yang teraniaya dengan Allah tidak ada sesuatupun yang menghalanginya.
(Riwayat  Turmudzi)
 
Syarah/Penjelasan :
            Makna yang dimaksud dengan Hijaabun ialah antara doa orang yang teraniaya dengan Allah tiada suatu penghalang pun yang menghambat untuk sampai kepada-Nya. Atau dengan kata lain, doa orang yang teraniaya itu dikabulkan oelh Allah SWT. Hadits ini mengandung makna peringatankeras agar kita tidak berbuat aniaya terhadap orang lain karena sesungguhnya perbuatan aniaya itu merupakan hal yang dilarang. Hal yang dilarang hukumnya haram. Allah SWT selalu berada dipihak orang yang teraniaya; barangsiapa teraniaya lalu ia berdoa kepada Allah, niscaya doanya diperkenankan-Nya. Firman-Nya :
"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."
(QS. Al-Baqarah [2] : 186)
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: