Kamis, 22 Maret 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 21032012

PENGARUH ORANG TUA TERHADAP ANAKNYA
 
Tiap-tiap bayi dilahirkan dalam keadaan fitrah, kedua orang tuanyalah yang menjadikannya seorang Yahudi atau seorang Nasrani atau seorang Majusi. Perihalnya sama dengan ternak yang sehat tentunya melahirkan ternak yang sehat dan utuh, apakah kalian melihat padanya suatu cacat tubuh ? (tentu tidak).
(Riwayat Bukhari dan Muslim melalui Abu Hurairah r.a)
 
Syarah/Penjelasan :
            Yang dimaksud dengan fitrah dalam hadits ini ialah agama Islam, yakni agama tauhid, sesuai dengan perjanjian yang telah disebutkan dalam firman-Nya : Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari Sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman), "Bukankah Aku ini Tuhanmu ?" Mereka menjawab, "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar dihari kiamat kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)".
(QS. Al-A'raf [7] : 172)
            Orang tua mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk mengantarkan anaknya menjadi seorang muslim, nasrani ataupun majusi. Kalau orang tua mengarahkan anaknya untuk jadi muslim maka dia akan menjadi Muslim tapi kalau orang tua mengarahkan kepada Nasrani atau Majusi maka jadilah dia Nasrani atau Majusi. Ini menunjukkan seorang anak kecil belum bisa menentukan sikapnya dalam segala hal, dia dididik baik, maka dia akan menjadi orang yang baik, dididik jahat maka dia akan menjadi penjahat. Begitupun dalam hal agama dia belum dapat mengarahkan. Untuk itu didiklah anak-anakmu menjadi seorang Islam utuh.
           
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: