Jumat, 23 Maret 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 22032012

Difardhukannya  Ibadah Haji Sekali Seumur Hidup
 
639.    Bersumber dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW pernah berceramah dihadapan kami (para sahabat), beliau bersabda, "Wahai segenap sahabat, sungguh telah difardhukan ibadah haji atas kalian. Karena itu, hendaklah kalian menunaikannya!". Kemudian ada seorang sahabat yang bertanya, "Ya Rasulullah, apakah itu ditunaikan setiap tahaun ?". Beliau diam, sampai sahabat itu mengulanginya tiga kali. Kemudian Rasulullah SAW menjawab, "Andaikata aku mengatakan, 'Ya'. Tentu wajib setiap tahun. Dan, pasti kalian tidak sanggup mengerjakannya". Kemudian beliau SAW melanjutkan, "Abaikan apa-apa yang aku tinggalkan (yang tidak aku jelaskan). Sebab,  sesungguhnya  orang-orang sebelum kalian telah binasa karena mereka terlalu banyak bertanya dan mereka menyalahi (tuntunan) nabinya. Oleh karena itu, mankala aku telah memerintahkan sesuatu kepada kalian, maka laksanakanlah semampu kalian dan bilamana aku mencegah kalian dari mengerjakan sesuatu, maka tinggalkanlah !".
            (Muslim IV : 102)
 
Pahala Ibadah Haji dan Umrah
 
640.    Bersumber dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penebus dosa di antara keduanya; dan ibadah haji mabrur(1) tidak dibalas melainkan surga".
(Muslim IV : 107)
 
641.    Bersumber dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa datang ke Baitullah ini, lalu ia tidak melakukan rafats (jima') dan tidak berbuat fasiq (maksiat), niscaya ia kembali (ke rumahnya) seperti waktu dilahirkan oleh ibunya".
(Muslim IV : 107)
 
 
(1)   Maksudnya adalah yang diterima yaitu yang paling benar
dimana tidak tercampur dengan dosa.
 
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: