Minggu, 03 Juni 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Isya' 19052012

ADAB  BERPUASA
 
5.    Menggosok gigi
 
 Disunnahkan bagi orang yang berpuasa untuk menggosok gigi ketika sedang berpuasa, tanpa membedakan apakah dilakukan pada waktu pagi ataupun petang. Tirmidzi berkata, "Menurut Syafi'i, tidak ada larangan menggosok gigi baik dilakukan pada waktu pagi maupun petang".
Rasulullah SAW selalu menggososk gigi ketika sedang berpuasa. Uraian tentang masalah ini telah dijelaskan pada bagian pertama. Bagian yang berkeinginan untuk merujuk, silakan dibaca padanya.
 
 
6.    Memperbanyak sedekah dan membaca Al-Qur'an
 
Memperbanyak sedekah hati dan membaca Al-Qur'an dianjurkan pada setiap waktu, tetapi kedua amalan mulia ini lebih utama lebih utama bila dilakukan ketika di bulan Ramadhan.
Imam Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, dia berkata, Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan dan sifat kedermawanannya lebih nampak dibulan Ramadhan, yaitu ketika Jibril menemui beliau. Jibril menemui beliau pada setiap malam dibulan Ramadhan. Lalu Jibril mengajaknya untuk tadarus Al-Qur'an. Sungguh kedermawanan Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan melebihi angin yang berhembus(1).
(HR. Bukhari)
 
(1)   Ibarat angin dilihat dari segi kecepatan dan kemerataan.
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: