Rabu, 06 Juni 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Isya' 21052012

Beberapa Hal yang Diperbolehkan Ketika Puasa
 
            Saat Bepuasa, ada beberapa hal yang boleh dikerjakan :
 
1.    Menyiram air ketubuh dan menyelam ke dalam air. Hal ini berdasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Abdurrahman dari beberapa orang sahabat Rasulullah, dia berkata, aku pernah melihat Rasulullah SAW menuangkan air keatas kepala beliau ketika sedang berpuasa, lantaran dahaga atau panas.
HR. Ahmad, Malik, dan Abu Daud dengan sanad shahih.
 
Dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim terdapat hadits dari Aisyah ra., bahwa Rasulullah pernah junub pada waktu shubuh, padahal beliau sedang berpuasa, kemudian beliau mandi.
HR. Bukhari
Jika ada air yang masuk kedalam rongga dan tidak disengaja ketika mandi, puasanya tetap sah.
 
2.    Memakai celak atau meneteskan sesuatu kemata, baik terasa kedalam kerongkongan maupun tidak. Hal ini tidak membatalkan puasa. Sebab, mata bukan termasuk jalan yang dapat dimasuki air hingga kerongga perut. Dari Anas, bahwa dia pernah memakai celak ketika sedang puasa.
HR. Abu Daud
 
Pendapat ini merupakan mazhab Syafi'i. Tapi Ibnu Mundzir menceritakan bahwa pendapat ini dari Atha', Hasan, Nasa'i, Auza'i, Abu Hanifah dan Abu Tsaur, diriwayatkan dari Ibnu Umar, Anas, dan Ibnu Aufa dari golongan sahabat.
Pendapat ini aalah mazhab Abu Daud. Dalam masalah ini, tidak ada satu keterangan yang shahih diriwayatkan dari Rasulullah SAW sebagaimana yang dikatakan oleh Tirmidzi.
HR. Tirmidzi
           
Fiqih Sunnah®
           
 
                                                                                   

Tidak ada komentar: