Minggu, 03 Juni 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 19052012

IKHLAS  DAN  MENGHADIRKAN  NIAT
 
( lanjutan.........................
Dengan demikian, ada manusia yang mendapatkan semua yang dia inginkan didunia, ada yang mendapatkan sebagian yang dia inginkan, dan ada yang tidak mendapatkan sama sekali dari apa yang dia inginkan, sampai kapanpun.
 
Itulah pengertian firman Allah,
"Maka kami segerakan baginya (didunia) ini yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki". (QS. Al-Israa' : 18)
 
Sedangkan firman Allah,
"Dan barangsiapa menghendaki kehidupan di akhirat  dan berusaha kearah itu dengan sungguh-sungguh, sedangkan dia beriman maka mereka itulah orang yang usahanya dibalas dengan baik". (QS. Al-Israa' : 19),
menegaskan bahwa yang bisa mendapatkan balasan yang baik dari Allah hanyalah orang yang meniatkan amal perbuatannya semata-mata untuk wajah Allah dan kampung akhirat.
            Sabda Nabi, "Amal perbuatan pasti disertai dengan niat ...... ", sebagai barometer dari sisi bathin.
            Sedangkan sabda Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Asy-Syaikhani, dri Aisyah radhiyallahu anha, "Barangsiapa yang melakukan amal perbuatan yang tidak sesuai dengan tuntunan kami, maka amal perbuatan tersebut ditolak". (Shahih Muslim), sbagai barometer amal perbuatan dari sisi zhahir.
            Oleh sebab itu, ulama mensinyalir, bahwa dua hadits diatas mengusung semua ajaran Islam kemudian Nabi SAW memberikan sebuah contoh, sebagai bentuk implementasi dari hadits tersebut , beliau bersabda,
"Siapa yang hijrah semata-mata karena Allah dan Rasul-Nya; maka hijrahnya karena Allah dan Rasulnya; siapa yang hijrah karena dunia yang akan dia dapatkan, atau hijrah karena seorang perempuan yang akan dia nikahi, maka hijrahnya sesuai dengan tujuannya".
 ( berlanjut..........................
Syarah Riyadhus Shalihin®

Tidak ada komentar: