Rabu, 24 Oktober 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 23102012

Menyalati Jenazah
 
( lanjutan ..................................
4.   Membaca Al-Fatihah dengan suara lirih.
 
5.   Membaca shalawat kepada Rasulullah SAW
 
Imam Syafi'i berkata, sebagaimana yang tercantum dalam musndadnya dari Abu memberitahukan kepadanya bahwa yang disunnahkan dalam melaksanakan shalat jenazah adalah hendaknya imam takbir, lalu diiringi dengan membaca al-Fatihah setelah takbir yang yang pertama dengan lirih yang hanya dapat ia dengar sendiri. Setelah itu, membaca shalawat kepada Rasulullah SAW dan membaca doa untuk jenazah pada takbir selanjutnya yang disertai dengan keikhlasan, dan tidak mengucapkan apapun selainnya, lalu diakhiri salam dengan suara lirih[1].
 
Dalam kitab Fath al-Bari terdapat sebuah hadits dengan sanad shahih, dimana imam bukhari meriwayatkan dari Thalhahbin Abdullah, ia berkata, "Aku melakukan shalat bersama Ibnu Abbas. Dan aku mendengar Ibnu Abbas membaca Fatihah. Selanjutnya Ibnu Abbas berkata, ini merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW". HR. Bukhari
 
Tirmidzi berkata bahwa cara inilah yang dilakukan oleh mayoritas para ulama dari kalangan para sahabat dan yang lain. Dengan kata lain, mereka memilih membaca Al-Fatihah setelah takbiar pertama. Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Syafi'i, Ahmad dan Ishak.
 
Sebagian ulama, diantaranya adalah ats-Tsauri dan penduduk Kufah berpendapat bahawa surah Fatihah tidak perlu dibaca dalam shalat Jenazah, sebab shalat jenazah hanya untuk memuji Allah membaca shalawat kepada Rasulullah SAW dan membaca doa yang ditujukan kepada mayat. Sementara sebagian yang lain berpendapat bahwa membaca surah Fatihah suatu keharusan. Dasar yang mereka jadikan sebagai pijakan adalah perintah Rasulullah SAW., yang ditujukan kepada para sahabat, "Shalatlah kalian untuk sahabatmu"[2]. Dalam kesempatan yang lain, beliau juga pernah bersabda, "Tidak sah shalatnya seseorang yang tidak ada bacaan ummul qur'an (Al-Fatihah)".
 
[1].         Mayoritas ulama berpendapat bahwasanya membaca membaca Al-Fatihah ,membaca shalawat  kepada Rasulullah SAW., membaca doa untuk jenazah dan salam hendaknya dilakukan dengan suara lirih, kecuali imam.
 
[2].           Ada hadits dari Ibnu Abbas yang mengharuskan membaca surah dari al-Qur'an setelah membaca al-Fatihah. Lihat kitab "Al-Janaiz" karya al-Albani.
 
( berlanjut ..................................
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: