Senin, 25 Juli 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 24072011


I' T I K A F
Definisi  I'tikaf
            I'tikaf adalah menetap disuatu tempat dan berdiam diri tanpa meninggalkan tempat tersebut, baik untuk melakukan amal kebaikan maupun kejahatan. Allah SWT berfirman.
"(Ingatlah"), ketika Ibrahim ketika berkata kepada bapaknyadan kaumnya, 'Patung-patung apakah yang kamu tekun beribadah kepadanya?' ".
 (Al-Anbiya [21] : 52)
 
Maksudnya  mereka menetap ditempat itu dengan tujuan beribadah kepada patung-patung tersebut. I'tikaf yang dimaksudkan disini adalah menetap dan tinggal di masjid dengan tujuan mendekatkkan diri kepada Allah SWT.
 
Dasar  Disyariatkannya I'tikaf
 
            Para ulama sepakat bahwa i'tikaf disyariatkan oleh agama Islam. Pada setiap bulan Ramadhan, Rasulullah SAW, melakukan i'tikaf selama sepuluh hari, dan pada tahun menjelang wafat, beliau melakukan i'tikaf hingga duapuluh hari.
HR Bukhari, Abu Daud, dan Ibnu Majah
 
            Para sahabat dan istri Rasulullah juga sering melakukan i'tikaf bersama Rasulullah. Bahkan kebiasaan I'tikaf tetap dilakukannya meskipun Rasulullah SAW sudah wafat. I'tikaf, meskipun merupakan ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah, namun tidak ditemukan satu hadits pun yang menyatakan keutamaannya.
            Abu Daud berkata, "Aku bertanya kepada Ahmad, apakah engkau mengetahui hadits yang menjelaskan keutamaan I'tikaf ?. Dia menjawab, tidak selain hadits yang lemah".
 
 
 
Fiqih Sunnah – Sayyid Sabiq®

1 komentar:

Anonim mengatakan...

raih ridho Allah di malam lailatul qodr dengan mengikuti kajian itikaf dan diskusi keilmuan di MMAT