Senin, 25 Juli 2011

Pembacaan Hdits Ba'da Shubuh 25072011



TIDAK  BERPUASA  DI HARI  ARAFAH  KARENA  MENUNAIKAN IBADAH HAJI
 
621.    Bersumber dari Ummu Fadhl binti Harits, bahwa ada beberapa orang didekatnya pada hari Arafah, mereka tengah membicarakan apakah Rasulullah SAW pada hari itu berpuasa  ataukah tidak. Sebagian diantara mereka ada yang mengatakan, 'Beliau berpuasa'. Sebagian yang lain mengatakan, 'Beliau tidak berpuasa'. Kemudian aku (Ummu Fadhl) mengirim segelas susu kepada beliau yang sedang beristirahat diatas ontanya. Ternyata beliau meminumnya.
(Muslim III:146)
 
DILARANG  BERPUASA 
PADA  HARI RAYA  FITHRI  DAN  HARI RAYA  ADHA
 
622.       Berasal dari Abu Ubaid, bekas budak Ibnu Azhar, ia berkata, 'Aku pernah menghadiri shalat hari raya bersama Umar bin Khaththab ra. Dia datang, lalu mengerjakan shalat. Kemudian beranjak (dari tempat shalatnya), lalu berkhutbah di hadapan banyak shahabat. Yaitu dia berkata, 'Sesungguhnya dua hari ini adalah hari dimana (kita) dilarang oleh Rasulullah SAW berpuasa, yaitu hari berbukamu setelah kamu lama berpuasa, dan hari makanmu setelah kamu menunaikan ibadah haji''.
(Muslim III:152)
 
MAKRUH  HUKUMNYA  BERPUASA  PADA  HARI-HARI  TASYRIQ
 
623.       Bersumber dari Nubaisyah al-Hudzali ra, ia berkata : 'Rasulullah  SAW  bersbda, "Hari-hari Tasyriq itu adalah hari-hari untuk makan dan minum." (Dalam riwayat yang lain), "Dan mengingat Allah".'
(Muslim III:153)
 
 
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: