Jumat, 16 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 14122011


KEMATIAN
 
Anjuran agar Senantiasa Mengingat Kematian
Dan Memperbanyak Amal Saleh.
 
          Syariat Islam menganjurkan agar selalu mengingat kematian dan memper-siapkan diri untuk menyambut dengan amal saleh.  Islam juga memandang bahwa mengingat kematian merupakan bagian dari jalan kebaikan.
 
            Ibnu Umar berkata aku mendatangi Rasulullah dan aku termasuk orang yang kesepuluh yang menghadap beliau. Setelah itu, salah seorang dari kalangan Anshar berdiri lalu bertanya kepada Rasulullah, "Wahai nabi Allah, siapakah orang yang paling cerdas dan pandai ?". Rasulullah menjawab, "Yaitu orang yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling banyak mempersiapkan  diri untuk mengha-dapinya. Merekalah orang-orang yan cerdas". Ibnu Umar juga meriwayatkan, bahwasanya Rasulullah bersabda, "Perbanyaklah mengingat pemutus kelezatan !". Kedua hadits diatas diriwayatkan oleh Imam Thabrani, dengan sanad hasan.
 
            Dari Ibnu Abbas ra., dari Rasulullah SAW, beliau bersabda terkait dengan firman Allah, "Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam".
(Al - An'am [6] :125)
Para sahabat bertanya, apakah hal yang sedemikian itu ada tandanya, sehingga kami dapat mengetahuinya ?. Rasulullah menjawab, "Yaitu kembali menuju kehi-dupan yang abadi dari kehidupan yang (penuh dengan) tipuan dan mempersiapkan kematian sebelum ia datang menjemput". (HR. Ibnu Jarir)
Hadits ini memiliki jalur yang mursal dan muttasil, dimana antara yang satu dengan yang lain saling menguatkan.
 
 
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: