Rabu, 14 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 12122011


MEMELIHARA  HARGA  DIRI
 
Carilah kebutuhan-kebutuhan kalian dengan jiwa yang mulia, karena sesungguhnya semua perkara itu berjalan sesuai dengan takdir.
(Riwayat  Ibnu Asakir melalui Abdullah Ibnu Bisr)
           
Syarah/Penjelasan :
            Hadist ini menganjurkan agar kita tetap bersikap mulia bilamana mempunyai keperluan terhadap seseorang, janganlah kita meminta kepadanya dengan mengemis-ngemis karena sesuatu itu berjalan sesuai ketentuan takdir. Dalam hadits lain disebutkan bahwa seandainya manusia semuanya bersepakat untuk membuat manfaat kepada dirimu, niscaya mereka tidak akan dapat memberikan manfaat apapun kepada dirimu kecuali apa yang telah dipastikan bagimu. Dan seandainya mereka bersepakat untuk menimpakan suatu mudharat kepada dirimu, niscaya mereka tidak akan dapat menimpakan suatu mudharat pun terhadap dirimu kecuali apa yang telah dipastikan bagimu. Sekuat apapun usaha kita dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup kita kalau Allah tidak mengizinkannya maka kita tidak akan mendapatkannya. Karena manusia hanya bisa berusaha, Allahlah yang menentukan.
            Selain itu kita dalam mencari rizki untuk mencukupi semua kebutuhan kita gunakanlah jalan-jalan yang diperbolehkan oleh Allah, atau dengan jalan-jalan halal. Jangan dengan jalan-jalan yang haram seperti mencuri dan sejenisnya, atau menipu orang lain. Karena jalan haram hanya akan mendatangkan kesengsaraan untuk kita.
                       
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: