Jumat, 16 Desember 2011

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 14122011


MENYINGKIRKAN GANGGUAN DARI JALAN
 
Barang siapa menyingkirkan gangguan dari jalan kaum Muslimin, niscaya dituliskan baginya satu kebaikan dan barang siapa diterima satu amal kebaikannya, niscaya ia masuk surga.
(Riwayat  Bukhari melalui Ma'qal Ibnu Yasar)
           
Syarah/Penjelasan :
            Menjauhkan gangguan atau sesuatu yang mengganggu kaum Muslimin dari jalan yang biasa mereka lalui termasuk salah satu cabang dari iman. Barang siapa yang melakukannya, maka dicatatkan baginya suatu pahala kebaikan, yakni amal-nya diterima, niscaya ia masuk surga.
            Dengan begitu menyingkirkan gangguan dari jalan yang biasa dilalui oleh kaum Muslimin dapat membukakan pintu surga untuk kita. Tidak susah bukan me-nyingkirkan gangguan dari jalan, sambil jalan kita ambil kemudian kita buang benda yang mengganggu tersebut. Anggap saja sebagai sedekah kita kepada saudara-saudara kita yang biasa melewati jalan tersebut, coba kita bayangkan seandainya ketika kita sedang melewati jalan kemudian kita tidak sadar ada duri, kemudian kita tertusuk, sakit bukan ?. Makanya ketika kita sadar ada duri atau sejenisnya di jalan kita harus buang.
 
 
INDEKS Hadits & Syarah®
 
 

Tidak ada komentar: