Rabu, 11 Januari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 10012012

AMAL  BAIK  YANG  MENIMBULKAN  SIKSA
 
Barang siapa menghiasi dirinya dengan amal akhirat padahal ia tidak mengharap-kannya dan pula tidak menghendakinya niscaya ia dilaknat di langit dan di bumi.
(Riwayat Thabrani melalui Abu Hurairah r.a)
 
Syarah/Penjelasan :
            Barang siapa menghiasi dirinya dengan amal baik, tetapi dengan niat riya atau pamer, maka ia dikutuk oleh makhluk yang ada di langit dan yang ada di bumi. Ini menunjukkan bahwa pamer dalam hal kebaikan sungguh sangat dibenci oleh Allah, tindakan baik yang kita lakukan harus disertai keikhlasan hati. Sebanyak apapun kebaikan yang kita lakukan tapi tidak disertai dengan keikhlasan maka perbuatan tersebut hanya akan melahirkan kesia-siaan, tidak dikategorikan amal soleh oleh Allah SWT, bahkan diganjar dosa.
            Untuk itu janganlah kita pemer termasuk dalam hal kebaikan, Allah mengan-jurkan kita untuk menyembunyikan amal baik kita.
"Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan".
            (QS. Al-Baqarah : 271)
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: