Kamis, 12 Januari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 11012012

AMAL  PERBUATAN  MANUSIA  DILAPORKAN
PADA SETIAP HARI SENIN DAN KAMIS
 
Catatan amal perbuatan dibeberkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis, dan ditampakkan kepada para Nabi, para ayah dan para ibu pada hari Jum'at, lalu mereka bergembira dengan kebaikan amal perbuatan mereka dan wajah mereka makin tambah putih cemerlang karena itu bertakwalah kalian kepada Allah, dan janganlah kalian menyakiti orang-orang mati.
(Riwayat Hakim melalui Walid Abdul Aziz)
 
Syarah/Penjelasan :
            Semua amal perbuatan manusia dilaporkan kepada Allah SWT setiap hari Senin dan Kamis. Pada hakikatnya Allah SWT Maha Mengetahui semua amal perbuatan mereka, adapun yang disebutkan dalam hadits ini hanya untuk menunjukkan keagungan dan ke Maha Besaran Allah SWT. Para malaikat pencatat amal perbuatan melaporkan hasil catatan mereka mengenai amal perbuatan semua hamba Allah pada tiap hari Senin dan Kamis. Laporan yang dimaksud ialah laporan secara global karena sesungguhnya setiap hari dan malam ada malaikat-malaikat yang silih berganti mencatat amal perbuatan umat manusia, demikianlah menurut hadits lain. Hal ini merupakan laporan yang bersifat terinci.
            Amal perbuatan mereka ditampakkan kepada para Nabi dan orang tua mere-ka pada setiap hari Jum'at, apabila amal perbuatan mereka banyak kebaikannya, maka para Nabi dan orang tua mereka yang telah tiada, turut bergembira di dalam kubur mereka. Hal tersebut menambah wajah mereka lebih bercahaya dan berseri-seri. Tetapi jika amal perbuatan mereka banyak keburukannya, maka para Nabi dan orang-orang tua mereka turut berduka cita dan sakit hati karenanya. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan janganlah kalian menyakiti orang-orang tua kalian yang telah tiada melalui amal perbuatan buruk kalian.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: