Senin, 23 Januari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 23012012

AMALAN YANG PALING UTAMA
 
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra katanya : Rasulullah SAW, pernah ditanya : Apakah amalan yang paling utama ? Baginda bersabda :  Beriman kepada Allah. Sahabat bertanya lagi : Kemudian apa ?. Rasulullah SAW bersabda : Jihad pada jalan Allah atau berjuang pada jalan Allah, dan Sahabat bertanya lagi : Kemudian apa ?. Rasulullah SAW bersabda : Haji Mabrur atau ibadah Haji yang diterima.
(HR. Bukhari)
 
Syarah/Penjelasan :
            Hadits diatas menjelaskan amalan yang paling utama, untuk dilakukan oleh setiap muslim, yaitu :
 
  1. Beriman kepada Allah, ini adalah Rukun Iman yang pertama. Beriman kepada Allah merupakan pondasi utama dalam Islam, seseorang bisa dikatakan orang yang muslim kalau dia sudah beriman kepada Allah, bukan tuhan lainnya.
  1. Jihad pada jalan Allah atau berjuang pada jalan Allah, jihad banyak diartikan berperang dimedan laga, padahal makna jihad bukan hanya berperang. Jihad bermakna sangat luas, bersungguh-sungguh dalam menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya juga merupakan bagian dari jihad, bahkan jihad yang paling tinggi bukanlah berperang di medan laga melainkan berperang melawan hawa nafsu.
  1. Haji Mabrur atau ibadah Haji yang diterima. Haji merupakan rukun Islam yang kelima, ibadah haji ini diwajibkan oleh Allah hanya kepada orang Islam yang mampu, baik mampu dari segi materi ataupun dari segi fisik. Ibadah ini adalah sebuah perjalanan spiritual yang sangat panjang, bagi orang-orang yang hajinya Mabrur (diterima Allah) setelah berhaji orang tersebut akan menjadi orang yang selalu beramal shaleh dan menjauhi perbuatan dosa.
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: