Rabu, 15 Februari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 14022012

ORANG  YANG  TIDAK  AKAN MENDAPAT RAHMAT
DAN AMPUNAN DARI ALLAH
 
Ada tiga yang Allah tidak mau melihat mereka dihari kiamat, dan tidak mau menyuci-kan mereka, bagi mereka hanyalah azab yang pedih yaitu : seseorang yang memiliki kelebihan air di tengah jalan, lalu ia mencegahnya dari ibnu sabil; seseorang yang berbai'at kepada seseorang Imam semata-mata untuk mendapatkan duniawi, apabila Imam memberikan sebagian darinya ia rela, dan bila Imam tidak memberi-kannya maka ia marah; dan seseorang yang bersumpah demi dagangannya, bahwa ia menjual barangnya jauh lebih murah daripada ketika ia membelinya, padahal ia berdusta. (Riwayat Bukhari dan Muslim melalui Abu Hurairah r.a)
 
Syarah/Penjelasan :
            Dalam hadits diatas dijelaskan Allah tidak akan melihat tiga golongan kelak dihari kiamat, yaitu :
  1. Seseorang yang memiliki kelebihan air di tengah jalan, lalu ia mencegahnya dari ibnu sabil; maksudnya seseorang memiliki air yang cukup, tetapi dia tidak mau berbagi dengan orang yang kehausan. Padahal seteguk air sangat berharga bagi musyafir. Dahulu ibu saya di Ranah Minang, sebelum berang-kat keladang ia selalu menyediakan air di dalam tempayan besar, dan diletak-kan didepan rumah yang bisa di lihat oleh semua orang. Ketika saya tanya, "Air itu untuk apa Mak ?". Dia menjawab, "Kalau ada musyafir kehausan dia bisa minum air kendi ini". Sebuah kepedulian yang patut kita teladani.
  2. Seseorang yang berbai'at kepada seseorang Imam (pemimpin) semata-mata untuk mendapatkan duniawi, apabila Imam memberikan sebagian darinya ia rela, dan bila Imam tidak memberikannya maka ia marah; orang seperti ini adalah orang yang perilakunya selalu di ukur dengan materi atau materialistis. Dalam istilah lain, "ada uang abang sayang, tak ada uang abang melayang". Allah murka besar kepada orang yang seperti ini.
  3. Seseorang yang bersumpah demi dagangannya, bahwa dia menjual barang dagangannya jauh dibawah harga pembelian (jual rugi). Dalam istilah populernya "biar tekor asal kesohor", padahal ia berdusta. Ini adalah peda-gang yang menghalalkan berbagai cara asal dagangannya laku. Prinsipnya, jangankan yang halal yang haram saja susah. Jadi dia tidak menghiraukan halal dan haram kecuali di masjid.
Ketiga golongan diatas Allah tidak mau memandang kepada mereka. Makna yang dimaksud ialah Allah tidak mau memberikan rahmat-Nya kepada mereka. Dia tidak mau membersihkan mereka, dengan kata lain, Allah tidak mau memaafkan dosa-dosa mereka, dan bahkan bagi mereka azab yang sangat pedih.           
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: