Jumat, 17 Februari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 16022012

BERBUAT  BAIK  KEPADA  ANAK  YATIM
 
Barang siapa berbuat baik kepada anak yatim laki-laki atau perempuan, maka aku dan dia berada di surga sama seperti ini.
(Riwayat Hamim melalui Anas r.a)
 
Syarah/Penjelasan :
            Nabi SAW mengucapkan kalimat diatas seraya mengisyaratkan dengan kedua jarinya, yaitu jari telunjuk dan jari tengahnya yang kedua-duanya diacungkan. Tinggi jari telunjuk dengan jari tengah hanya berbeda sedikit dan sangat dekat. Ini menunjukkan derajat orang yang berbuat baik kepada anak yatim atau menganggap anak yatim sebagai anak mempunyai derajat yang tinggi dan nanti di surga ia akan dekat dengan Rasulullah SAW.
Barangsiapa yang memperlakukan anak-anak yatim yang berada dibawah tanggungannya, dengan baik seperti terhadap anaknya sendiri maka kelak dihari kiamat ia akan bersama-sama dengan Nabi SAW di Surga. Keindahan Surga digambarkan dalam kata-kata hikmah, "Seandainya akal dapat melihat keindahan surga melalui mata imannya, niscaya akan leburlah jiwa ini karena rindu kepadanya". Salah satu pintu untuk kesurga cintailah anak yatim. Jangan sekali-kali memperlakukan anak yatim dengan tidak baik apalagi menyiksanya, karena itu akan mendatangkan kebencian Allah dan Rasul-Nya.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: