Senin, 27 Februari 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 27022012

JANGAN PILIH KASIH TERHADAP
ANAK-ANAK KALIAN
 
Samakanlah di antara anak-anak kalian dalam hal pemberian, seandainya aku akan mengutamakan seseorang (dalam hal pemberian ini) niscaya aku akan mengutama-kan (anak-anak) perempuan (dari pada anak laki-laki).
(Riwayat Thabrani)
 
Syarah/Penjelasan :
            Orang tua diwajibkan berlaku adil dalam hal pemberian di antara anak anak-nya agar anak yang satu dengan yang lainnya tidak saling dengki; hal ini akan terjadi di antara mereka apabila orang tua bersikap pilih kasih. Akan tetapi, terhadap anak perempuan sebaiknya lebih di utamakan karena lebih banyak memerlukan biaya, yakni untuk perhiasan dan pakaian. Tujuannya ialah agar ia disukai oleh lawan jenisnya, lalu cepat dilamar. Hal ini hanya menyangkut masalah pemberian. Adapun mengenai hak waris, jelas anak lelaki mendapat bagian dua kali lipat anak perem-puan.
            Tapi makna sama dalam hadits diatas jangan diartikan bahwa orang tua memberikan uang kepada anak-anak kita, prinsipnya adalah keadilan. Dalam memberikan biaya kepada anak kita harus sesuai dengan kebutuhan mereka. Bukan disamakan jumlahnya. Karena kebutuhan anak-anak satu sama lain berbeda. Anak kuliah diperguruan tinggi biasanya akan memerlukan biaya yang lebih besar daripada anak anak yang masih duduk di bangku SD. Maka berlaku adillah kepada mereka termasuk dalam hal memberikan biaya untuk mereka.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: