Rabu, 29 Februari 2012

Pembacaan Hdits Ba'da Maghrib 29022012

KEUTAMAAN MENJAMIN KEHIDUPAN
ANAK PEREMPUAN ATAU SAUDARA PEREMPUAN
 
Tiada seorang pun diantara umatku yang menjamin kehidupan tiga orang anak perempuan atau tiga orang saudara perempuan, lalu ia berbuat baik kepada mereka, kecuali mereka akan menjadi penghalangnya untuk masuk neraka.
(Riwayat Baihaqi melalui Aisyah r.a)
 
Syarah/Penjelasan :
            Hadits ini menganjurkan agar memperlakukan dengan baik wanita yang ada di dalam tanggungan dan jaminan kita, apakah anak sendiri atau saudara perempuan .Barangsiapa yang memperlakukan dengan baik tiga orang anak perempuan atau tiga orang saudara perempuannya maka kelak di hari kiamat mereka akan menjadi pelindung baginya dari neraka, yakni mereka akan membelanya di hadapan Allah SWT.
            Hadits ini adalah salah satu dari hadits-hadits Nabi  SAW., yang menganjur-kan agar kita memperlakukan wanita dengan perlakuan yang baik. Masih banyak hadits lain yang mengandung pengertian sama, antara lain ialah, "Perlakukanlah sama di antara anak-anakmu dalam pemberian, seandainya aku mengutamakan seseorang di antara mereka, niscaya aku mengutamakan perempuan", yakni memberinya kelebihan dari apa yang diberikan kepada anak laki-laki.
            Hadits-hadits diatas ini menunjukkan bahwa wanita adalah makhluk khusus yang harus lebih diperhatikan karena fisik dan psikis mereka yang lebih lemah di-bandingkan laki-laki, mereka adalah makhluk yang harus dilindungi, disayangi dan sejenisnya. Untuk itu kalau mempunyai anak perempuan perlakukan dia secara khusus dengan cara mendidik dia dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang.
 
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: