Sabtu, 03 Maret 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 01032012

Cara Membawa Jenazah dan Berjalan
Menuju Pemakaman
(........................ lanjutan )
 
3.   Berjalan didepan, dibelakang, desebelah kanan atau sebelah kiri Jenazah. Menegenai hal ini, para ulama berbeda pendapat mengenai posisi berjalan saat mengantar jenazah ke pemakaman, mana yang lebih utama ?. Secara umum mayoritas ulama berpendapat, bahwa yang utama hendaknya adalah berjalan didepan jenazah. Mereka berkata, "Yang lebih utama adalah berjalan didepan jenazah karena Rasulullah SAW, Abu Bakar dan Umar berjalan di-depan jenazah (saat mengantar jenazah).
 
Imam Hanafi berpendapat, bagi orang yang mengantar dengan berjalan, di utamakan baginya untuk berjalan dibagian belakang jenazah. Ini yang dapat kita pahami dari perintah Rasulullah SAW untuk mengikuti jenazah, dan orang yang mengikuti pada umumnya mereka dbelakang.
 
Anas bin Malik berpendapat, Baik dibelakang maupun didepan, semuanya sama, sebagaimana yang telah disabdakan dalam haditsnya,
 
"Orang yang menaiki kendaraan, hendaknya ia berada dibelakang jenazah, dan orang yang berjalan (boleh) dibelakang, didepan, dibagian kanan atau-pun dibagian kiri dengan tetap berdekatan dengan jenazah".
 
Kesimpulan :
Semua pendapat yang telah dikemukakan didepan sama, dan hu-kumnya mubah yang tidak perlu diperdebatkan.
                                                                                                ( berlanjut..........................
Fiqih Sunnah®
           

Tidak ada komentar: