Jumat, 02 Maret 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 01032012

KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP ANAKNYA
 
Sungguh termasuk kewajiban orang tua terhadap anaknya ialah mengajarkan menulis kepadanya, memperindah namanya, dan menikahkannya apabila telah cukup usia.
(Riwayat Ibnu Najjar)
 
Syarah/Penjelasan :
            Mengajarkan menulis kepadanya agar ia tidak menjadi orang yang buta huruf. Menulis dan membaca adalah kemampuan dasar untuk mendapatkan ilmu penge-tahuan. Seorang anak kalau tidak memiliki kemampuan baca tulis akan mengakibatkan dia tumbuh menjadi anak yang bodoh, makanya tidak mengheran-kan kalau orang tua diwajibkan untuk mengajarkan menulis serta membaca. Sehubungan dengan menulis, maka yang wajib didahulukan ialah, yang fardhu 'ain. Kemudian yang fardhu Kifayah.
            Memperindah namanya, yakni memberinya nama yang baik, seperti nama Muhammad atau Abdullah, dan sebagainya, jika anaknya lelaki. Jika perempuan, beri nama Fatimah, Zainab, Mariah dan sebagainya. Janganlah memberikan nama anak dengan nama yang jelek seperti Abu Lahab, Abu Jahal dan lain-lain, atau nama-nama Nasrani dan Yahudi seperti Mathius, Yahuda dan lain-lain. Karena nama-nama Nasrani dan Yahudi adalah sejelek-jeleknya nama.
            Apabila sudah cukup usia untuk berumah tangga, maka orang tua diwajibkan untuk menikahkannya. Apalagi anak perempuan yang sudah baligh, orang tua harus secepatnya mencarikan dia jodoh. Sedangkan untuk anak laki-laki biarkan dia memilih calon pendamping hidupnya sendiri. Demikianlah diantara kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua.terhadap anaknya.
           
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: