Kamis, 01 Maret 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Isya 29022012

Cara Membawa Jenazah dan Berjalan
Menuju Pemakaman
 
(........................ lanjutan )
 
2.    Mempercepat jalan agar cepat sampai ditrmpat pemakaman. AbuHurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Bersegeralah kalian membawa jenazah. Jika ia termasuk orang yang saleh, maka itu merupakan suatu kebaikan yang kalian persembahkan kepadanya, dan jika ia termasuk orang yang buruk, maka itu termasuk keburukan yang segera kalian lepaskan dari pundak kalian". (HR. Bukhari)
 
Imam Ahmad, Nasai dan yang lain juga meriwayatkan dari Abu Bakrah, ia berkata kami pernah bersama Rasulullah SAW mengantarkan jenazah dengan sedikit berlari.
 
Imam Bukhari meriwayatkan dalam kitab at-Tarikh bahwasanya pada saat kematian Sa'ad, Rasulullah SAW begitu cepat membawa jenazah (kepemakaman) sampai sandal kami putus.
 
Dalam kitab al-Fath, Ibnu Hajar al- Athqalani berkata, mempercepat dalam berjalan ketika mengantarkan mayat sangat di anjurkan, tapi dengan catatan, bahwa hal tersebut tidak sampai membahayakan mayat, juga tidak memberatkan orang yang membawanya.  Qurtubi berkata, maksud dari hadits Rasulullah SAW diatas adalah agar kita tidak memperlambat atau menunda pemakaman. Karena, memper-lambat atau menunda dapat mendatangkan khayalan dan bersantai.
 
                                                                                                ( berlanjut..........................
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: