Kamis, 29 Maret 2012

Pembacaan Hadits B'a'da Isya 29032012

Puasa Ramadhan
 
Keutamaan Bulan Ramadhan
 
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda ketika datang bulan Ramadhan,
 
"Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, Allah telah mewajibkan kalian berpuasa. Pada bulan ini, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Dibulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang terhalang untuk mendapatkan kebaikan didalamnya, sungguh dia telah terhalang (untuk mendapat kebaikan)".
(HR. Ahmad, Nasa'i dan Baihaki)
 
            Arfajah berkata, aku berada ditempat Utbah bin Farqad. Dia sedang mem-bicarakan tentang Ramadhan. Arfajah mengatakan, saat itu ada seorang laki-laki yang masuk. Begitu melihatnya, Utbah merasa segan terhadapnya dan hanya diam. Dia berkata, ceritakan tentang Ramadhan. Orang itu berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda mengenai Ramadhan,
 
            "(Dibulan Ramadhan) pintu-pintu neraka ditutup, pintu-pintu surga dibuka, dan setan-setan dibelenggu". Beliau melanjutkan, "Pada bulan ini malaikat menyeru, wahai pendamba kebaikan, bergembiralah. Wahai pendamba keburukan, berhenti-lah. Malaikat menyerukan kata-kata itu hingga bulan Ramadhan berakhir"
(HR. Ahmad), Nasa'i yang menyatakan  sanadnya baik.
 
(berlanjut..........................                     
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: