Rabu, 28 Maret 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 27032012

BAHAYA ANIAYA DAN KIKIR
 
Takutlah kalian terhadap perbuatan aniaya, karena sesungguhnya perbuatan aniaya itu merupakan kegelapan dihari kiamat; dan takutlah kalian terhadap sikap kikir, karena sesungguhnya kikir itu telah membinasakan orang-orang sebelum kalian, dan mendorong mereka untuk mengalirkan darah mereka sendiri, serta menghalalkan kehormatan mereka.
(Riwayat  Muslim)
 
Syarah/Penjelasan :
            Hadits ini menjelaskan tentang dua sikap yang dibenci Allah. Pertama : Orang yang berlaku aniaya, kelak dihari kiamat akan berubah bentuk menjadi kegelapan yang sangat pekat bagi pelakunya; hal ini merupakan siksaan baginya sehingga ia tidak mengetahui jalan yang harus ditempuhnya, dan perkaranya berakhir di neraka untuk menerima pembalasan perbuatan aniayanya itu. Barangsiapa yang hartanya dirampas di dunia, dia akan memperolehnya nanti di akhirat. Barangsiapa yang dizalimi di dunia, maka dia akan memperoleh keadilan nanti di akhirat. Barangsiapa melakukan kezaliman di dunia, maka dia akan menerima siksaan di akhirat. Karena itu berlaku adillah dan jauhi sikap aniaya.
            Kedua : sifat kikir merupakan sikap yang tercela dan berakibat buruk bagi pelakunya; sudah berapa banyak orang dari kalangan umat-umat terdahulu binasa karena kekikirannya. Sebagai contoh ialah Qarun yang hidup semasa Nabi Musa a.s. Ia ditelan oleh bumi berikut harta bendanya karena kekikirannya tidak mau membayar zakat. Dan bahkan kekikiran dapat menimbulkan pertumpahan darah dan terinjak-injaknya harga diri serta kehormatan para pelakunya.
Firman-Nya : "(Yaitu) orang-orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir dan menyembunyikan karunia Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Dan kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir siksa yang menghinakan".
(QS. An-Nisaa' [4] : 37)
           
INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: