Jumat, 18 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Isya' 07052012

PUASA  SUNNAH
 
(........................ lanjutan )
5.    Bulan Sya'ban
 
Rasulullah SAW,  selalu pada sebagian besar bulan Sya'ban. Aisyah ra, berkata, aku tidak pernah menyaksikan Rasulullah SAW berpuasa satu bulan penuh melainkan dibulan Ramadhan. Dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa daripada puasa beliau pada bulan Sya'ban. HR. Bukhari dan Muslim.
 
Dari Usamah bin Zaid ra dia berkata, aku bertanya, wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa pada bulan-bulan lain yang seiring pada bulan Sya'ban. Beliau bersabda, "Itu adalah bulan-bulan yang diabaikan oleh orang-orang yaitu antara bulan Rajab dengan Ramadhan. Padahal pada bulan itu amal-amal di angkat dan dihadapkan kepada Tuhan semesta alam. Maka, aku sangat mengingin-kan amalku diangkat sementara aku dalam keadaan berpuasa.
HR. Abu Daud, Nasa'i, dan dinyatakan shahih oleh Ibnu Khuzaimah.
 
            Mengkhusukan puasa pada hari nishfu Sya'ban (pertengahan bulan Sya'ban) dengan meyakini bahwa hari-hari tersebut memiliki keutamaan daripada hari-hari yang lain, tidak memiliki dasar atau keterangan yang shahih.
 
 ( berlanjut...........................
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: