Selasa, 15 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 07052012

Orang yang Bercukur Sebelum Penyembelihan
Kurban atau Menyembelih Kurban
Sebelum Melempar Jamrah
 
731.    Bersumber dari Abdullah bin Amr bin Ash ra mengatakan bahwa Rasulullah SAW berhenti di atas kendaraannya, lalu orang-orang dari mereka bertanya, "Ya Rasulullah !. Sungguh saya tidak mengerti bahwa pelemparan jamrah itu sebelum penyembelihan kurban sehingga saya menyembelih kurban sebelum melempar jamrah ?". Rasulullah bersabda, "Tidak apa-apa sekarang lemparlah jamrah". Orang lain mulai bertanya, "Sungguh saya tidak mengerti bahwa penyembelihan kurban itu sebelum bercukur, sehingga saya bercukur sebelum menyembelih kurban ?". Beliau bersabda, "Tidak apa-apa, sekarang sembelihlah kurban !". Pada hari itu tidaklah Abdullah bin Amru mendengar beliau ditanya tentang sesuatu yang dilupakan atau tidak dimengerti oleh seseorang (seperti mendahulukan sebagian amalan sebelum amalan yang lain dan sebagainya) melainkan Rasulullah menjawab, "Tidak apa-apa, lakukanlah itu sekarang!"
            (Muslim 4/84)
 
732.    Bersumber dari Abdullah bin Amr bin Ash ra mengatakan bahwa ia mendengar ketika Rasulullah SAW pada hari sembelihan kurban dan beliau berhenti di tempat pelemparan jamrah, ditanya seseorang, "Ya Rasulullah!. Sungguh saya telah bercukur sebelum melempar jamrah?" Beliau bersabda, "Tidak apa-apa sekarang lemparlah!". Orang lain datang lagi kepada beliau kemudian bertanya, "Sungguh saya telah menyembelih kurban sebelum melempar jamrah?". Beliau bersabda, "Tidak apa-apa sekarang lemparlah!". Orang lain datang lagi kepada beliau ke-mudian bertanya, "Sungguh saya telah beranjak ke Baitullah sebelum melempar jamrah?". Beliau bersabda, "Tidak apa-apa sekarang lemparlah!". Kata Abdullah bin Amru, "Pada hari itu aku tidak melihat beliau ditanya (tentang sesuatu melainkan beliau menjawab)", "Tidak apa-apa sekarang kerjakanlah!".
(Muslim 4/84)
           
Ringkasan Shahih Muslim®

Tidak ada komentar: