Jumat, 18 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 08052012

MENGHARAPKAN PAHALA
MELALUI MEMBACA AL-QUR'AN
 
Bacalah Al-Qur'an oleh kalian dan harapkanlah melalui bacaan itu pahala dari Allah SWT, sebelum datang suatu kaum yang melepaskannya bagaikan melepaskan qidah, yakni mereka mengharapkan perkara duniawi dan tidak mengharapkan perkara ukhrawi
(Riwayat Abu Daud melalui Jabir r.a)
Syarah/Penjelasan :         
            Mengharapkan pahala Allah. Makna yang dimaksud ialah bukan untuk mengharapkan upah atau perkara duniawi yang fana, dan bukan pula riya' atau pamer. Qidah, anak panah yang belum diberi mata dan belum diberi bulu. Makna yang dimaksud ialah mereka membaca al-Qur'an seperti halnya orang yang melepaskan anak panah dari busurnya, yakni membacanya dengan menginginkan upah duniawi dan bukan pahala ukhrawi.
 
ORANG YANG BERWAJAH SEPERTI BULAN
PADA MALAM PURNAMA
 
Tiada seorang hamba pun yang mengucapkan Laa ilaaha Illallaah (Tiada Tuhan selain Allah) sebanyak seratus kali, kecuali Allah SWT membangkitkannya kelak di hari kiamat dalam keadaan wajahnya seperti bulan dimalam purnama. Tiada seorangpun yang amalnya diangkat dalam keadaan lebih utama daripada amalnya kecuali hanya orang yang mengucapkan seperti ucapannya atau lebih dari itu.
(Riwayat Baihaqi melalui Abu Darda)
 
Syarah/Penjelasan :         
            Hadits ini merupakan salah satu keutamaan membaca kalimat tauhid, yang antara lain disebutkan bahwa tidak ada suatu amalpun yang diperlihatkan kepada seseorang yang lebih utama dari zikir ini kecuali orang lain yang beramal sama atau lebih banyak.

INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: