Rabu, 16 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 07052012

MEMBACA HAMDALAH DAN SHALAWAT
 
Bila suatu kaum berkumpul kemudian berpisah, tanpa menyebut Allah dan bershalawat atas Nabi SAW, seakan-akan mereka berpisah meninggalkan bangkai keledai, dan majelis tersebut dapat membuat mereka kecewa.
(Riwayat Ahmad melalu Abu Hurairah)
Syarah/Penjelasan :         
            Disunnahkan membaca hamdalah  dan shalawat untuk Nabi SAW., bila suatu jamaah bubar dari suatu majelis. Apabila mereka tidak melakukannya, maka seakan-akan mereka bubar dari bangkai keledai dan yang hanya membawa kesan busuk dan menjijikkan, majelis yang baru mereka tinggalkan itu akan mendatangkan kekecewaan bagi mereka.
 
TIGA DOA YANG TIDAK AKAN DITOLAK
 
Bertiga yang do'anya tidak akan ditolak; Imam (Kepala pemerintah) yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan orang-orang yang teraniaya. Akan diangkat doa itu oleh Allah keatas awan dihari kiamat dan akan dibukakan baginya pintu langit, lalu Allah berkata; Demi kemuliaan-Ku, sesungguhnya akan Aku tolong engkau, walaupun sesudah sebentar waktu.
(Riwayat Imam Ahmad, ab-Nasa'i, Thurmidzi dari Abu Hurairah)
 
Syarah/Penjelasan :         
            Hadits ini menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah sangat mendengar doa pemimpin yang adil. Karena itu jadilah pemimpin yang adil. Karena keadilan itu tidak terletak pada susunan kalimat kitab undang-undang yang dipegangnya, tetapi terletak pada hati nurani pemimpin yang melaksanakannya. Jangan sampai ada rakyat yang terzalimi. Orang yang terzalimi dan orang yang berpuasa sampai dia berbuka doa mereka sangat didengar Allah SWT.
           
MEMBACA TASBIH SEBANYAK SERATUS KALI
MENGGUGURKAN SEMUA DOSA
 
Barang siapa mengucapkan, "Maha Suci Allah  dengan segala pujian-Nya" seba-nyak seratus kali setiap harinya, niscaya semua dosa-dosanya digugurkan sakalipun banyaknya seperti buih dilaut.
(Riwayat Syaikhan melalui Abu Hurairah r.a)
 
 
Syarah/Penjelasan :         
            Ber-tasbih pahalanya sangat besar. Barang siapa yang membacanya setiap hari sebanyak seratus kali, niscaya dosa-dosanya dihapus (diampuni) oleh Allah, sekalipun sangat banyak.

INDEKS Hadits & Syarah®

Tidak ada komentar: