Jumat, 18 Mei 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 09052012

Menaiki Onta untuk Kurban
 
736.    Bersumber dari Abu Hurairah ra mengatakan bahwa Rasulullah SAW melihat seorang laki-laki menuntun onta, lalu beliau bersabda, "Naikilah!". Laki-laki itu menjawab, "Ya Rasulullah SAW ! Tapi onta ini untuk kurban ?". Beliau bersabda lagi, "Naikilah!". Kemudian beliau mengatakan, "Rugi kamu!". Pada kali yang kedua atau yang ketiga.
            (Muslim 4/91)
 
 
Mengirimkan Hewan Kurban dan
Mengalunginya di Luar Ihram
 
737.    Bersumber dari Abu az-Zubair berkata, "Aku mendengar" Jabir bin Abdullah ditanya tentang menaiki hewan hadyu (kurban), lalu dia menjawab, 'Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Naikilah hewan kurban dengan baik jika kamu memerlukannya, hingga kau dapatkan hewan (kendaraan) yang lain"'
(Muslim 4/92)
 
 
Hewan Kurban yang Sakit Sebelum
Sampai di Tempat
 
738.    Bersumber dari Ibnu Abbas ra mengatakan bahwa Dzu'aib, ayah Qabishah, memberitahunya bahwa Rasulullah SAW menyuruhnya membawa hewan kurban lalu beliau bersabda, "Jika ada salah satu hewan-hewan kurban ini yang sakit dan kamu khawatir hewan kurban tersebut akan mati, maka sembelihlah!. Kemudian rendamlah ladam (sepatunya) didalam darahnya, lalu sapukan darahnya ke permukaan tubuhnya(1). Janganlah kamu dan teman-temanmu memakan dagingnya"
(Muslim 4/92-93)
 
(1)   Maksudnya adalah dilambungnya, hal itu dilakukan agar siapa saja yang melewatinya tahu
bahwa hewan itu adalah hadyu (qurban), maka ia dapat memakan darinya apabila dia
orang yang fakir.
 
Ringkasan Shahih Muslim®
 

Tidak ada komentar: