Jumat, 28 September 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Shubuh 28092012

Anjuran Mengerjakan Shalat Dua Raka'at
Bila Masuk Masjid
 
248.   Bersumber dari Abu Qatadah ra., ia menceritakan, 'Aku masuk masjid, sementara Rasulullah SAW sedang duduk di tengah jamaah. Kemudian aku segera duduk. Ketika itu juga Rasulullah SAW bertanya, "Faktor apakah yang menghalangimu untuk shalat dua raka'at sebelum kamu duduk?". Aku jawab, 'Wahai Rasulullah, aku melihatmu tengah duduk dan para jamaah pun duduk'. Kemudian beliau SAW bersabda, "Apabila seorang di antara kalian masuk masjid, maka janganlah duduk sebelum shalat dua raka'at".
(Muslim II : 155)
 
Setelah Adzan Dilarang Keluar Masjid
 
249.   Berasal dari Abu Sya'tsa', ia berkata. 'Kami pernah duduk-duduk di masjid bersama Abu Hurairah ra. Lalu seorang muadzdzin mengumandangkan adzan, lantas berdirilah seseorang di masjid lalu berjalan. Abu Hurairah memperhatikan sampai ia keluar masjid. Kemudian Abu Hurairah bersabda, 'Adapun orang ini, sungguh ia telah durhaka kepada Abul Qasim SAW''.
(Muslim II : 125)
                       
Kaffarah Meludah di Masjid
 
250.   Bersumber dari Anas bin Malik ra, ia mengatakan, 'Rasulullah SAW bersabda, "Meludah di masjid adalah satu kesalahan, dan kaffarahnya adalah menimbunnya (dengan pasir)[1]".
(Muslim II : 77)
 
[1].          Pada waktu itu lantai Masjid Nabawi masih berupa pasir/tanah.
Ringkasan Shahih Muslim®

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Perlu dipahami bahwa Masjid pada waktu itu adalah suatu ruangan dimana lantainya adalah pasir (sebagaimana orang desa pada waktu lampau yang lantainya tanah). Berkaitan juga dengan riwayat hadits, dimana seorang arab kampung (badui) yang buang kair kecl (kencing) di dalam Masjid. Sehingga untuk generasi saat ini, jangan membayangkan bahwa Masjid yang dimaksud dalam hadits tersebut sebagaimana Masjid yang diketahui saat ini, berlantai ubin, keramik atau Marmer..... he he he.... Terima kasih Suara At Taqwa atas kiriman hadits yang rutin kami terima. Salam