Sabtu, 10 November 2012

Pembacaan Hadits Ba'da Maghrib 06112012

Menyalati Jenazah
 
( lanjutan ..................................
Cara Menyalati Jenazah
 
Setelah semua syarat telah terpenuhi, bagi yang akan shalat jenazah hendaknya berdiri berdekatan dengan jenazah disertai dengan niat. Dilanjutkan dengan mengangkat kedua tangan bersamaan dengan takbiratul ihram. Kemudian meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri. Dilanjutkan dengan membaca Al-Fatihah. Setelah itu, takbir untuk yang kedua, dilanjutkan dengan membaca shalawat kepada Rasulullah SAW. Setelah itu, takbir untuk yang ketiga, dilanjutkan denagn membaca doa untuk mayat. Kemudian takbir untuk keempat kalinya dan dilanjutkan dengan membaca doa, lalu diakhiri dengan salam.
 
Posisi Imam Saat Menyalati Jenazah
Perempuan dan Lelaki
         
Di antara cara yang diajarkan Rasulullah SAW, bagi imam dalam menyalati jenazah lelaki hendaknya berada persis dibagian kepala jenazah. Dan untuk jenazah perempuan, hendaknya imam berada dibagian tengah (perut).
 
Sebagai landasan atas hal ini adalah sebuah hadits yang bersumber dari Anas ra, bahwasanya ada seseorang yang melakukan shalat jenazah tepat dibagian kepalanya. Setelah jenazahnya diangkat, kemudian didatangkan dengan jenazah perempuan, dan ia merubah posisinya tepat dibagian tengah jenazah. Seseorang bertanya kepadanya, "Beginikah cara yang dilakukan Rasulullah SAW, saat menyalati jenazah lelaki sebagaimana yang engkau lakukan, dan jenazah perempuan seperti yang telah engkau lakukan tadi?".
 
Ia menjawab, "Iya, seperti itulah yang dilakukan Rasulullah SAW".
HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Majah.
 
          Thahawi berkata, "Inilah yang aku senagi. Disamping itu, ada juga beberapa atsar dari para sahabat yang menguatkan riwayat hadits Rasulullah SAW".
 
( berlanjut ..................................
Fiqih Sunnah®

Tidak ada komentar: